Langsung ke konten utama

SIKLUS HIDUP METODE PROYEK

SIKLUS HIDUP METODE PROYEK

Proyek yang mempunyai sebuah segi karakteristik, ide muncul, jenis proyek, dan manajemen proyek.. Di setiap tahap mempunyai karakteristik tertentu dalam hal besar nya, tingkat ketidakpastiannya, potesi konflik yang sudah ada , dan sebuah potensi dengan resiko yang ada. Siklus hidup proyek ini dibagi menjadi 6, yaitu:

  •  Pengenalan Produk baru

Mulai dilempar atau di sebar luaskan di beberapa pasar, dan lihat bagaimana tanggapan terhadap produk yang telah kita pasarkan.

  • Riset

Sebuah tahap penelitian pasar yang mempunyai target produk yang akan ingin di pasarkan, pembuatan model dan design dengan target tertentu.

  • Pengembangan

Tahap demi tahap dimana produk yang telah kita pasarkan di pasar dan kita lihat peningkatan dari konsumen.

  • Matang

Pada tahap yang telah kita tentukan dan kita tandai, kita bisa lihat tingkat maksimum nya dan dalam hal sulit untuk kita naikin lagi. Kelanjutan dari tahapan yang sebelumnya, perusahaan tersebut tinggal menjaga agar tahapan tersebut supaya tidak berlangsung dengan lama dan pada penambahan volume tidak mungkin dapat dilakukan lagi.

  • Penurunan

Setelah tahap ini matang dengan baik, maka penjualan produk tersebut bisa mengalami sebuah penurunan (deteriorasi).

  • Mati (Produk tidak dibeli/diminati lagi oleh konsumen)

Tahapan terakhir ini yaitu ketika produk kita tidak lagi dibeli oleh konsumen atau pasar-pasar. Dan siklus hidup produk berakhir, tidak akan memproduksi lagi (bankrut).

Secara garis beras tahap-tahap proyek dibagi menjadi 4, yaitu:

  1. Tahap Konsepsi

Tahap yang mempunyai sebuah inisiasi dan kelayakan pada suatu konsep.

      2. Tahap Perencanaan
Tahap ini yang akan meliputi kegiatan yaitu penyiapan rencana proyek yang secara detail dan tertentu.

      3.Tahap Eksekusi
Ditahap ini campur tangan dengan user sangat kecil, sebuah porsi pengambilan keputusan ini lebih banyak pada tangan pelaksana proyek.

      4.Tahap Operasi
Tahap ini kita dapat melihat hasil proyek yang telah diserahkan ke user jika proyek sudah diserah kan ke user maka proyek tersebut kita anggap sudah selesai.

ORGANISASI PROYEK

Suatu perusahan jika telah berhasil berkembang dan menambah sumber daya nya, lalu kita dapat mengembangkan sebuah struktur organisasi. Sekian banyak nya sumber daya kita dapat focus ke sebuah struktur organisasinya, dalam struktur organisasi ini adalah pengkhususan atau spesialisasi orang pada bidang tersebut. Dibawah ini sebuah penyusunan struktur organisasi, antara lain :

Berdasar Produk
Berdasar Lokasi
Berdasar Proses
Berdasar Pelanggan
Berdasarkan Fungsi (keuangan, personalia, produksi)
TIM PROYEK

Secara umu pengertian dati tim proyek adalah semua personil yang telah tergabung dalam organiasai pengelolah proyek. Personil fungsional dari organisasi induk dan ada juga personil inti dari tim. Berikut adalah beberapa jabatan yang penting dalam PROJECT OFFICE selain manajer proyek ( MP ) :

Manajer Proyek
Manajer proyek mempunyai peran yang sangat penting, peran yang dimiliki MP yaitu sebagai integrator, komunikator, pembuat keputusan, motivator, dan agen perubahan. Tugas-tugas yang didelegasikan oleh pihak manajemen yang diatasnya.

Secara garis beras tanggung  jawab manajer proyek antara lain :

Merencanakan kegiatan, tugas-tugas dan hasil akhir.
Melakukan pengorganisasian dan pengalokasian sumberdaya.
Memonitor status proyek.
Mengindentifikasi masalah teknis.
Meneyelesaikan masalah yang terjadi pada suatu proyek
Mengkoordinasikan penghentian proyek atau pengarahan kembali terhadap sumberdaya
Kompetensi Dan Orientasi Manajaer Proyek
Manajer proyek bekerja pada interface diantara top management dan para teknolog atau teknisi. Teknisi harus mempunyai sebuah kemampuan manajerial yang kompeten serta beberapa kualifikasi. Selain itu ia juga harus bekerjasama dengan orang lain serta menerima masukan.

Anggota Tim Proyek
Beberapa anggota yang pada umumnya ikut dalam pengelolaan proyek antara lain :

Contract Administrator
Project Controller
Project Accountant
Costomer Liason
production Coodrdinator
Manajer lapangan
Quality Assurance Supervisior
Peran lain diluar tim Proyek.

Dalam suatu waktu perusahaan mempunyai banyak proyek yang garus ditangani. Proyek di pimppin oelh seorang manajer proyek.Peran ini dapat dinamakan manajer progam atau direktur proyek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latar Belakang Ilmu Statistik ? Perbedaan Statistik dengan Ilmu lainnya ? Aplikasi Ilmu Statistik dalam Bidang Ilmu )                  Teknik, Contoh         Ekonomi, Contoh        Kesehatan, Contoh    Informasi , Contoh JAWABAN !! 1.       Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset  empiris.Dalam  menganalisis data, para ilmuwan menggambarkan persepsinya tentang suatu fenomena. Deskripsi yang sudah stabil tentang suatu fenomena seringkali mampu menjelaskan suatu teori. (Walaupun demikian, orang dapat sajaberargumentasi bahwa ilmu biasanya menggambarkan bagaimana  sesuatu itu terjadi, bukannya  mengapa ). Penemuan teori baru merupakan suatu proses kreatif yang didapat d...

ANALISA ASPEK INTERFACE IMK PADA WEBSITE BLIBLI.COM

Pada dasarnya, fokus dari IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer adalah Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface) pada suatu sistem. UI atau User Interface dapat diartikan sebagai  bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer secara langsung. Kriteria dari User Interface yang Friendly  antara lain : Memiliki tampilan yang bagus Mudah dioperasikan Mudah dipelajari Sering dugunakan oleh pengghuna dari remaja hingga orang tua Jika terjadi error pihak BLIBLI.COM langsung memperbaikinya  Dalam kasus ini. saya akan mencoba memberikan pendapat mengenai user interface yang ditampilkan pada laman resmi  yang beralamat di http://www.blibli.com/  BLIBLI.COM  sendiri merupakan salah satu layanan e-commerce (online shopping) yang cukup digemari oleh masyarakat. Untuk itu saya akan mencoba menganalisa bagaimana user interface dari web  BLIBLI.COM , kemudahan apa saja yang ditawarkan oleh we...

tugas softskill bahasa inggris bisnis

tugas bahasa inggris bisnis Macam-macam surat bisnis : Bahasa Inggris bisnis 1 (part of business letter and style of business letter)   1. Letter Head (Kop Surat) Merupakan identitas yang berisi logo, nama, alamat dan telepon dari pengirim surat. Contoh kop surat : 2. Reference Line Didalam surat berbahasa Inggris biasanya berisi huruf depan nama eksekutif yang menandatangani surat tersebut, diikuti dengan garis miring atau titik dua, lalu nama pengetik surat. Beberapa perusahaan menambahkan kode atau nomor tertentu berdasarkan sistem arsip mereka. Reference diletakkan dibagian atas surat diatas date. Contoh : Your ref : 22 March 2004 Our Ref : BS/KF 3. Date Line ( Tanggal ) Ini adalah bagian tanggal pembuatan surat. Sedangkan format penulisan tanggal adalah bulan/hari/tahun, misalkan August 30, 2012. Contoh penulisan date menggunakan British Style 03rd April 1990 Format penulisan British Style hampir sama dengan penulisan dalam Bahasa Indonesia hanya s...