Langsung ke konten utama

ANALISA ASPEK INTERFACE IMK PADA WEBSITE BLIBLI.COM



Pada dasarnya, fokus dari IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer adalah Perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface) pada suatu sistem. UI atau User Interface dapat diartikan sebagai bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer secara langsung.




Kriteria dari User Interface yang Friendly antara lain :

  1. Memiliki tampilan yang bagus
  2. Mudah dioperasikan
  3. Mudah dipelajari
  4. Sering dugunakan oleh pengghuna dari remaja hingga orang tua
  5. Jika terjadi error pihak BLIBLI.COM langsung memperbaikinya 


Dalam kasus ini. saya akan mencoba memberikan pendapat mengenai user interface yang ditampilkan pada laman resmi yang beralamat di http://www.blibli.com/ BLIBLI.COM sendiri merupakan salah satu layanan e-commerce (online shopping) yang cukup digemari oleh masyarakat. Untuk itu saya akan mencoba menganalisa bagaimana user interface dari web BLIBLI.COM, kemudahan apa saja yang ditawarkan oleh website ini dan menemukan sisi lemah untuk kemudian dianalisa dan menjadi dasar pengembangan website.



Berikut adalah poin-poin yang akan saya gunakan dalam mengkaji web BLIBLI.COM, http://www.blibli.com/:
  1. Readability
  2. Ketepatan
  3. Mobilitas Konten
  4. Efesiensi
Analisis dan evaluasi web BLIBLI.COM :

  1.  Readibility
Parameter ini menyangkut bagaimana kemudahan user untuk membaca sebuah informasi yang didapat dari sebuah web yang diberikan ataupun mencari informasi yang diinginkan dari sebuah web. Di website BLILI.COM ini pengguna diberikan beberapa pilihan baik pada menu maupun pada halaman utama.

Jika pada menu (lingkar merah) adalah nama dan sekaligus menu home BLILI.COM saat diklik akan masuk dan kembali ke menu utama. Lalu pada (lingkar hijau) pengguna tidak usah melakukan aksi peng-klikan melainkan hanya mengarahkan pointer pada tab yang diinginkan. BLIBLI menyediakan kemudahan seperti pembayaran dan Top Up, Token listrik, Air PDAM, hotel dan tiket kereta sekalipun.


Pengguna juga diberikan pelayanan berupa menu untuk mendaftar, login, dan sebagainya yang berkaitan dengan pemberian info dari pengguna kepada official maupun sebaliknya.

Logo perusahaan dalam website-nya merupakan suatu hal yang sangat penting, karena dengan adanya logo, dapat mencerminkan perusahaan tersebut atau dapat menjadi brand perusahaan itu. Sebenarnya, bukan hanya logo saja yang menunjukkan brand suatu perusahaan, akan tetapi ada beberapa hal juga yang dapat menunjukkan brand suatu perusahaan, yaitu slogan, warna website , dan produk/jasa layanannya. Atribut-atribut tersebut memberikan identitas dan kepribadian pada individu, organisasi, ataupun perusahaan.

Logo yang ditampilkan pada web BLIBLI ini sudah benar berada pada sebelah kiri atas halaman, dan disertai pula dengan nama perusahaannya, BLIBLI. Letak logo pada kiri atas sudah menjadi aturan umum dalam merdesain suatu web.


Penataan produk yang sedang mendapatkan diskon dan promo tersusun rapih sesuai dengan kategori, kemudian ketika melakukan scroll secara otomatis bagian menu dan logo akan tersembunyi sehingga menambah keluasan layout ketika melihat produk.

Pemberian dan pemilihan warna dan gambar untuk mempercantik tampilan juga diperlukan untuk menambah daya tarik konsumen / user dalam menggunakan sistem yang didapatnya. Di website BLIBLI ini mencampurkan cenderung warna hijau dan terang terlihat nyaman ketika dipandang, dan warna yang dipakai konsisten disetiap halamannya yang juga menjadi ciri khas dari website ini. Selain itu penggunaan font huruf yang jelas namun dapat dibaca oleh semua kalangan juga mendukung daya tarik dari interface web ini serta pewarnaan merah pada font untuk harga juga sangat membantu untuk pengguna untuk memudahkan dalam mengetahui harga tanpa kesulitan mencari.

2. Ketepatan

Penempatan kolom pencarian sudah tepat berada di halaman utama sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari produk yang diinginkan. Web ini juga menyediakan kolom disebelah kiri untuk mempermudahkan pengguna mencari produk yg sesuai dengan kategori berdasarkan kategori, urutan, lokasi, harga, toko yang diinginkan, kondisi serta pengiriman dan penerimaan, serta peringkat dari produk.


3. Mobilitias Konten
 

Web ini menyediakan aplikasi seluler yang dapat diunduh di APP STORE dan GOOGLE PLAY sehingga mendukung platform smartphone yang kini digunakan serta untuk memperluas jaringan dibuatlah link ke media sosial via Facebook, Twitter, googleplus, Pinterest dan instagram .

4. Efesiensi


Dari segi efisiensi, menurut saya web BLIBLI cukup efisien dalam menjawab kebutuhan user dalam hal mendapatkan hal-hal yang umumnya diinginkan user ketika ingin memesan tiket penerbangan online secara cepat dan mudah sehingga user merasa dimanjakan dengan fasilitas yang diberikan pada web ini. selain itu tampilan yang interaktif, tak terlalu mengganggu dan nyaman untuk dipandang menjadikan user untuk diarahkan secara cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi yang diharapkan sehingga user menjadi puas dari pelayanan yang diberikan oleh web ini.

refrensi
https://www.blibli.com/
https://www.wikipedia.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latar Belakang Ilmu Statistik ? Perbedaan Statistik dengan Ilmu lainnya ? Aplikasi Ilmu Statistik dalam Bidang Ilmu )                  Teknik, Contoh         Ekonomi, Contoh        Kesehatan, Contoh    Informasi , Contoh JAWABAN !! 1.       Statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan suatu riset  empiris.Dalam  menganalisis data, para ilmuwan menggambarkan persepsinya tentang suatu fenomena. Deskripsi yang sudah stabil tentang suatu fenomena seringkali mampu menjelaskan suatu teori. (Walaupun demikian, orang dapat sajaberargumentasi bahwa ilmu biasanya menggambarkan bagaimana  sesuatu itu terjadi, bukannya  mengapa ). Penemuan teori baru merupakan suatu proses kreatif yang didapat d...

tugas softskill bahasa inggris bisnis

tugas bahasa inggris bisnis Macam-macam surat bisnis : Bahasa Inggris bisnis 1 (part of business letter and style of business letter)   1. Letter Head (Kop Surat) Merupakan identitas yang berisi logo, nama, alamat dan telepon dari pengirim surat. Contoh kop surat : 2. Reference Line Didalam surat berbahasa Inggris biasanya berisi huruf depan nama eksekutif yang menandatangani surat tersebut, diikuti dengan garis miring atau titik dua, lalu nama pengetik surat. Beberapa perusahaan menambahkan kode atau nomor tertentu berdasarkan sistem arsip mereka. Reference diletakkan dibagian atas surat diatas date. Contoh : Your ref : 22 March 2004 Our Ref : BS/KF 3. Date Line ( Tanggal ) Ini adalah bagian tanggal pembuatan surat. Sedangkan format penulisan tanggal adalah bulan/hari/tahun, misalkan August 30, 2012. Contoh penulisan date menggunakan British Style 03rd April 1990 Format penulisan British Style hampir sama dengan penulisan dalam Bahasa Indonesia hanya s...